FREAK PRESS RELEASE






FREAK terbentuk tahun 2001. Tapi setelah manggung di Famestation Bandung dan Grungy di Gor Saparua, mereka vakum sekitar dua tahunan. Tahun 2003, Freak kembali jalan. Di tahun itu mereka lebih suka menyebutnya sebagai pembentukan Freak yang sebenarnya. Sebab, di tahun terebut mereka serius menggarap materi lagu sampai akhirnya menelurkan album It Seems yang dirilis Freak Records.

Album tersebut lumayan mengejutkan. Lagu Go Away dan Black Cloud sempat menempati posisi pertama chart Ardan Indie 7 selama berbulan-bulan. Black Cloud kemudian dibuat videoklip. Klip tersebut dibuat dengan teknik full 3D animasi yang seluruhnya digarap Jalu Sindentosca dan menghabiskan waktu pembuatan selama 2,5 bulan. Klik itu konon merupakan video pertama full 3d di Indonesia.

Ditayangkan pertama kali di MTV Gress hanya selang satu minggu setelah Freak mengirimkannya ke MTV. Jalu Sindentoscapun juga sempat diwawancara pihak MTV sebagai director dari video klip ini. Sebulan kemudian klip ini mulai tayang di MTV secara regular, salah satunya adalah program MTV WOW dan MTV 100% Indonesia.

Tahun 2004, Freak sempat menyatakan diri bubar. Sampai kemudian di pertengahan 2006, Ogie merilis album mini album berjudul Duniaku dengan label Freak Records. Diproduseri Bima Productions, singel Beautiful day from You dibuat klip. Ogie pun sempat mencoba membuat klip sendiri untuk lagu Say it By This Song.

Namun mini album Duniaku ini belum sempat dirilis karena satu dan lain hal. Freak pun masih tertidur pulas.

Setelah vakum beberapa tahun, mereka memutuskan bangkit pada Desember 2008. Januari 2009, Freak kembali masuk studio untuk rekaman album ketiga. Album yang kemudian diberi titel Peace Please Peace! ini rampung pada Mei 2009. Dirilis masih di bawah label Freak Records. Untuk album tersebut mereka diperkuat dua personel baru, Nyanya di drum dan Sely di bas.

Album Peace Please Peace! mengambil tema dari konflik berkepanjangan yang terjadi di seluruh dunia. Meski judulnya mengusung perdamaian dan penghentian konflik peperangan, namun aransemen lagu-lagu dalam album ini cenderung lebih keras dari album-album sebelumnya. Dengan tempo dan beat yang progressive dan distorsi riff gitar yang terus-terusan digeber dari trak ke trak.

Dua materi dari album Peace Please Peace!, Intro dan Here We are Now, dibuat video klip tapi hanya tayang di stasiun televisi lokal Bandung. Sebab, tujuan mereka saat itu hanya ingin promosi di Bandung.

Masih pada 2009, mereka ambil bagian dalam Kompilasi Grunge International diikuti band-band dari seluruh dunia. Pada 27 November 2009, Freak mendapatkan penghargaan Artis of the Month di Radio Prambors FM.

Mereka sembat main di Java Rockin Land 2010 bareng Mobil Derek. Band legendaris Smashing Pumpkins juga main di sana.

Tahun 2012 FREAK kembali masuk studio rekaman dengan line up yang baru yaitu Ogiefreak/vocal guitar, Erwin bass dan zubey lead Guitar.

Album terbaru ini akan dirilis tahun 2013.

Member
2009
Ogiefreak-vokal/gitar
Sely-bas
Nyanya-drum

2011
Ogiefreak-vokal/gitar
Zubey-gitar/vocal
Ilman-drum

2012
Ogiefreak-vokal/gitar
Zubey-gitar/vocal
Erwin-Bass

Genre
Post Grunge

Hometown
Bandung, Indonesia

Record Label
Freak Record

Contacts
Ogie 02292446738
Zubey 085722060954

Social Media/Website


Please Share it! :)
Categories: , , , , , , , , Share

Leave a Reply