5 jago kungfu di Serial Pendekar Pemanah Rajawali

Dalam serial Pendekar Pemanah Rajawali dikisahkan bahwa dalam dunia persilatan, ada 5 orang jago kungfu terhebat. Mereka adalah Kaisar Selatan (It Teng Taysu), Pengemis Utara (Ang Cit Kong), Racun Barat (Auw Yang Hong), dan Sesat Timur (Oey Yok Su),dan Dewa Tengah(Ong Tiong Yang). Diceritakan bahwa kelima orang ini bertarung di puncak gunung Hua Shan untuk memperebutkan sebuah kitab ilmu kungfu rahasia : kitab ilmu 9 bulan.Berikut ini akan saya bahas mengenai mereka secara detail.


Kaisar Selatan (It Teng Taysu)
Jurus andalannya adalah jurus "jari matahari". Ia memutuskan untuk menjadi biksu setelah mengalami kekecewaan berat akibat perselingkuhan selir nya dengan bocah Tua Nakal (Chiu Pek Tong). Dalam serial Kembalinya Pendekar Pemanah Rajawali, biksu It Teng Taysu banyak berperan dalam membantu Oey Yong, Kwee Ceng juga Yo Ko.


Pengemis Utara (Ang Cit Kong)
Ia adalah ketua partai Kay Pang, sekaligus guru Kwee Ceng dan Oey Yong. Ia mengajarkan jurus "18 tapak penakluk naga" kepada Kwee Ceng dan mengajarkan jurus "tongkat pemukul anjing" kepada Oey Yong. Ang Cit Kong sangat menyukai makanan enak terutama masakan Oey Yong. Di serial Kembalinya Pendekar Pemanah Rajawali, diceritakan Ang Cit Kong meninggal bersama-sama dengan Racun Barat Auw Yang Hong setelah bertarung habis-habisan. Keduanya dikuburkan oleh Yo Ko. Keempat jago kungfu lainnya biasa memanggil Ang Cit Kong dengan panggilan "Pengemis Tua".



Racun Barat (Auw Yang Hong)
Ia adalah penguasa gunung Putih di Barat. Selain itu, ia juga menguasai berbagai macam racun dan memelihara banyak ular. Sayangnya ia masuk ke dalam perangkap Oey Yong untuk mempelajari ilmu 9 bulan dalam urutan terbalik. Ini mengakibatkan pikirannya menjadi terganggu dan menjadi gila, walaupun ilmu kungfunya juga meningkat sangat pesat. Jurus andalannya adalah "ilmu kodok" yang konon akan diajarkan kepada putra angkatnya, Yo Ko.


Sesat Timur (Oey Yok Su)
Oey Yok Su adalah pemilik pulau Bunga Persik, dia juga adalah ayah Oey Yong. Dia sangat benci tata krama dan mempunyai sifat yang sangat aneh sehingga orang-orang menyebutnya orang sesat. Di serial Kembalinya Pendekar Rajawali, ia menjadi sangat akrab dengan Yo Ko karena merasa sifat mereka cocok. Apalagi setelah mengetahui bahwa Yo Ko ingin menikahi gurunya, Siaw Liong Lie yang ditentang banyak orang di dunia persilatan.


Dewa Tengah(Ong Tiong Yang)
Ong Tiong Yang adalah pemenang dari pertandingan kungfu di gunung Hua San, sehingga ia berhak untuk memiliki kitab ilmu 9 bulan. Ia merupakan pendiri perguruan Coan Cin. Ia sempat mempunyai jalinan asmara dengan Lim Tiau Eng. Sayangnya kisah asmara mereka kandas dan muncullah benih permusuhan di antara mereka. Lim Tiau Eng kemudian mendirikan perguruan Kuburan Kuno dan mengangkat Li Mo Cao dan Siaw Liong Lie sebagai murid-muridnya. Di kemudian hari, Yo Ko yang membelot dari perguruan Coan Cin dan bergabung dengan kuburan Kuno mengakibatkan permusuhan kedua perguruan tersebut semakin memanas.


Dalam hati, saya sempat bertanya-tanya siapakah yang terhebat dari kelima jagoan kungfu di atas. Setelah memutar serial Pendekar Pemanah Rajawali lagi, pada saat mereka berlima bertarung di puncak Gunung Hua Shan, Ong Tiong Yang memiliki ilmu kungfu setingkat lebih tinggi di antara keempat jagoan lainnya sehingga dia bisa keluar sebagai pemenang. Namun, setelah dia tiada bisa dikatakan Auw Yang Hong lah yang terbaik setelah menguasai ilmu 9 bulan walaupun dengan urutan yang terbalik dan sempat menjadi gila.

Setelah membaca beberapa komentar dari pengunjung, saya memutuskan untuk mengupdate postingan ini dengan beberapa gambar untuk mengingatkan yang sudah pada lupa. Berikut ini adalah gambar dari Pendekar Pemanah Rajawali versi tahun 1982 (Felix Wong sebagai Kwee Ceng)





Dari kiri ke kanan searah jarum jam : Baju biru paling kiri adalah Racun Barat Auw Yang Hong, Paling atas adalah Raja Selatan waktu masih jadi raja, sebelah kanannya adalah Si Pengemis Utara Ang Cit Kong, dan paling bawah yang memegang seruling giok warna hijau adalah Sesat Timur Oey Yok Su.





Kalau gambar di atas ini, dari kiri adalah Oey Yong (Barbara Yung), Ang Cit Kong si Pengemis Utara, dan Kwee Ceng (Felix Wong).





Kalau gambar yang di atas ini adalah raja selatan yang sudah memutuskan jadi biksu, gelarnya berubah jadi biksu selatan.


sumbernya http://www.nostalgia-90an.com/2011/10/5-jago-kungfu-di-serial-pendekar.html


Sponsor Blog:


Please Share it! :)
Categories: , , , Share

3 comments:

  1. terima kasih sudah ikut menyebarkan dan mempromosikan tulisan saya :)

    salam nostalgia-90an

    ReplyDelete
  2. Paska mangkat x Wang Chongyang Lao Wan Tong Ciu Pek Tong Lah yg d sebut2 sebagai yg terhebat daLam OLd Greats d Luar Kwee Ceng/Yo Ko..

    ReplyDelete