Kumpulan Riwayat para Imam dalam menyikapi Perbedaan
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ
الرَّحِيمِ
Quote:
Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda.
“Apabila seorang hakim memberi keputusan, lalu ia berijtihad, kemudian ia benar maka baginya dua pahala, dan jika ia memberi keputusan, lalu ia berijtihad kemudian salah, maka baginya satu pahala” [HR Bukhari dan Muslim] |
Quote:
“Telah ada
perselisihan sejak lama pada masa para imam besar panutan: Abu Hanifah,
Malik, Asy Syafi’i, Ahmad, Ats Tsauri, Al Auza’i, dan lainnya. Tak satu pun mereka memaksa yang lain untuk
mengubah agar mengikuti pendapatnya, atau melemparkan tuduhan terhadap
keilmuan mereka, atau terhadap agama mereka, lantaran perselisihan itu.” (Dr. Umar bin Abdullah Kamil, Adab Al Hiwar
wal Qawaid Al Ikhtilaf, hal. 32. Mauqi’ Al Islam)
|
Berikut ini adalah gambaran bagaimana pengekor (muqallid) atau Umat suatu kelompok, seharusnya berkepala dingin dgn terhadap pendapat kelompok lainya, karena jika saling serang yg ada hanyalah fitnah alias kekacauan. padahal para pengekor tersebut bukanlah para peneliti (mujtahid)
Quote:
“Ijtihad itu, jika
dilakukan sesuai dengan dasar-dasar ijtihad dan manhaj istimbat (konsep
penarikan kesimpulan hukum) dalam kajian ushul fiqh (dasar-dasar fiqih), maka
wajib menghilangkan sikap pengingkaran atas hal ini. Tidak boleh seorang mujtahid mengingkari
mujtahid lainnya, dan tidak boleh seorang muqallid (pengekor) mengingkari
muqallid lainnya, jika tidak demikian maka akan terjadi fitnah.” (Dr. Umar bin Abdullah Kamil, Adab Al Hiwar
wal Qawaid Al Ikhtilaf)
|
Pandangan Para IMAM
Pandangan IMAM Malik
Pandangan IMAM Malik
Quote:
Imam Malik ketika
berkata kepada Abu Ja’far, tatkala Ia ingin memaksa semua orang berpegang
pada Al Muwatha’ (himpunan hadits karya Imam Malik): “Ingatlah bahwa para
sahabat Rasulullah telah berpencar-pencar di beberapa wilayah. Setiap kaum memiliki ahli ilmu. Maka apabila
kamu memaksa mereka dengan satu pendapat, yang akan terjadi adalah fitnah
sebagai akibatnya.”
|
Riwayat Imam Abu Hanifah dkk
Quote:
Imam Abu Hanifah,
sahabat-sahabat beliau, Imam Syafi’i, dan imam-imam yang lain, yang berpendapat bahwa membaca basmalah
adalah wajib karena ia merupakan bagian dari Al-Fatihah, biasa shalat bermakmum di belakang imam-imam
shalat di Kota Madinah yang bermadzhab Maliki, padahal imam2 shalat itu tidak
membaca basmalah sama sekali ketika membaca Al-Fatihah, baik pelan maupun
keras
|
Pandangan IMAM Ahmad bin Hambal
Quote:
“Imam Ahmad berkata
dalam sebuah riwayat Al Maruzi (Al Marwadzi), tidak seharusnya seorang ahli fiqih membebani manusia untuk
mengikuti madzhabnya dan tidak boleh bersikap keras kepada mereka. Berkata Muhanna, aku mendengar Ahmad
berkata, ‘Barangsiapa yang mau minum nabidz (air perasan anggur) ini, karena
mengikuti imam yang membolehkan meminumnya, maka hendaknya dia meminumnya
sendiri (tidak mengajak orang yg mengharamkan hal itu) .”
|
Quote:
Imam Ahmad termasuk
yang berpendapat bahwa berbekam dan mimisan itu membatalkan wudhu. Namun ketika beliau ditanya oleh seseorang,”Bagaimana
jika seorang imam tidak berwudhu lagi (setelah berbekam atau mimisan), apakah
aku boleh shalat di belakangnya?” Imam Ahmad pun menjawab, ”Subhanallah!
Apakah kamu tidak mau shalat di belakang Imam Sa’id bin Al-Musayyib dan Imam
Malik bin Anas?” (karena beliau
berdualah yang berpendapat bahwa orang yang berbekam dan mimisan tidak perlu
berwudhu lagi)
|
Imam An Nawawi
Quote:
“Dan Adapun yang
terkait masalah ijtihad, tidak mungkin orang awam menceburkan diri ke
dalamnya, mereka tidak boleh mengingkarinya, tetapi itu tugas ulama.
Kemudian, para ulama hanya mengingkari dalam perkara yang disepati para imam.
Adapun dalam perkara yang masih diperselisihkan, maka tidak boleh ada
pengingkaran di sana. Karena berdasarkan dua
sudut pandang setiap mujtahid adalah benar. Ini adalah sikap yang dipilih olah mayoritas para ulama
peneliti (muhaqqiq). Sedangkan pandangan lain mengatakan bahwa yang benar
hanya satu, dan yang salah kita tidak tahu secara pasti, dan dia telah
terangkat dosanya.”
|
Imam Ibnu Taimiyah
Quote:
“Ketika perluasan
aktifitas dan penganekaragaman furu’nya semakin dituntut maka sebagai
akibatnya adalah munculnya perselisihan
pendapat sesuai yang cocok jiwa masing-masing pembelanya.”
“Adapun manusia yang cenderung kepada pendapat salah seorang imam atau syaikh sesuai ijtihadnya. Sebagaimana perbedaan mana yang lebih afdhal antara adzan dengan tidak adzan, dalam qamat ifrad (dibaca sekali) atau itsna (dibaca dua kali), shalat fajar itu di akhir malam atau di saat fajar, qunut subuh atau tidak, bismillah dikeraskan atau dipelankan, dan seterusnya, adalah merupakan masalah ijtihadiyah yang juga diperselisihkan para imam-imam salaf. Dan masing-masing mereka menetapkan keputusan ijtihad yang lain jtihad para ulama dalam masalah hokum itu seperti ijtihadnya orang yang menentukan arah kiblat. Empat orang melaksanakan shalat dan masing-masing orang menghadap kea rah yang berbeda dengan lainnya dan masing-masing meyakini bahwa kiblat ada di arah mereka.Maka shalat keempat orang itu benar adanya, sedangkan shalat yang tepat mengahdap kiblat, dialah yang mendapat dua pahala “Sedangkan perkataan dan amal yang tidak diketahui secara pasti (qath’i) bertentangan dengan Kitab dan Sunnah, namun termasuk lingkup perbincangan ijtihad para ahli ilmu dan iman, bisa jadi dianggap qath’i oleh sebagian yang lain yang telah mendapat cahaya petunjuk dari Allah Ta’ala. Namun demikian dia tidak boleh memaksakan pendapatnya itu kepada orang lain yang belum mendapatkan apa yang dia inginkan itu.” |
Imam Hasan al Banna
Quote:
“Bahwa sebab-sebab itu membuat kita
berkeyakinan bahwa upaya penyatuan dalam masalah furu’ adalah pekerjaan
mustahil, bahkan bertentangan dengan tabiat agama ini. Allah menghendaki agar agama ini tetap
terjaga dan abadi, dan dpat mengiringi kemajuan zaman. Untuk itu agama ini harus muncul dalam warna yang mudah,
fleksibel dan lentur, tidak jumud atau keras.”
|
sumber :
- http://www.lmizakat.org/index.php?option=com_content&view=article&id=230:toleransi-dan-kompromi&catid=38:berita-aktual&Itemid=73
- http://teguh354.blogspot.com/2010/01/adab-dalam-berselisih-faham-ikhtilaf.html
- http://masjustice.wordpress.com/2010/12/18/khilafiyah-fiqih-di-mata-para-imam/
- http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10361073